A. A. Tujuan
Mengamati sifat-sifat zat padat, cair dan gas
B. B. Alat dan Bahan
1. Batu 4. Balon
2. Air 5. Neraca
3. Plastik 6. 2 gelas ukur dengan skala berbeda
C. C. Cara Kerja
1. Letakkan batuu ke meja, kemudian pindahkan ke neraca dan ukurlah massanya!
2. Isilah gelas ukur dengan air, ukur volumenya, kemudian pindahkan ke gelas ukur lain yang skalanya berbeda. Ukur kembali volumenya!
3. Tiuplah sebuah balon, kemudian pindahkan udara dalam balon ke plastic. Bandingkan besarnya balon dengan plastic saat berisi udara!
D. D. Pertanyaan
1. Bagaimanakah bentuk batu setelah dipindah dari meja ke neraca? Sifat apakah yang dibuktikan dengan mengukur massa batu menggunakan neraca?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Bagaimana bentuk air setelah dipindahkan pada kedua gelas ukur?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Bagaimanakah hasil pengukuran volumenya?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
4. Samakah besarnya balon dengan plastic setelah udara dipindahkan dari balon ke plastic? Mengapa?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
5. Apakah sifat zat yang dibuktikan dari percobaan diatas?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
6. Isilah tabel berikut berdasarkan hasil percobaanmu!
No | Wujud Zat | Sifat |
1 | Padat | ………………………………………………… |
2 | Cair | ………………………………………………… |
3 | Gas | ………………………………………………… |
KEGIATAN II
A. A. Tujuan
Mengamati perubahan wujud zat
B. B. Alat dan Bahan
1. Air 4. Gelas Ukur
2. Es 5. Bunsen
3. Lilin 6. Korek api
C. C. Cara Kerja
1. Tuang sedikit air ke dalam gelas ukur. Panaskan dengan bunsen dan amati perubahannya!
2. Turunkan gelas ukur dari bunsen setelah air di dalamnya mendidih. Tutuplah gelas ukur, kemudian amati uap air yang menempel pada tutupnya!
3. Letakkan es batu ke dalam wadah. Diamkan beberapa saat dan amati perubahannya!
4. Nyalakan lilin dengan korek api, amati perubahannya!
5. Matikan api pada lilin, diamkan sebentar dan amati perubahan yang terjadi pada lilin!
6. Amati batang korek api yang terbakar. Bandingkan dengan batang korek api yang masih utuh!
D. D. Tabel Pengamatan
No | Perlakuan | Perubahan Wujud Zat | Nama Perubahan Wujud |
1 | Air dipanaskan | ……………………… | …………………… |
2 | Uap air didinginkan | ……………………… | …………………… |
3 | Es batu didiamkan | ……………………… | …………………… |
4 | Lilin dinyalakan | ……………………… | …………………… |
5 | Lelehan lilin didinginkan | ……………………… | …………………… |
E. E. Pertanyaan
1. Apakah semua zat pada percobaan di atas bisa mengalami perubahan wujud? Mengapa?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Zat apa sajakah pada percobaan di atas yang menerima kalor?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Perubahan apakah yang dialami oleh korek api yang terbakar? Apakah terbentuk zat jenis baru?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Apa kesimpulanmu dari percobaan diatas?
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Untuk lebih lengkap mengenai Lembar Kerja Siswa ini telah disediakan LKS berupa Microsoft Word yang dapat diunduh disini.